Selasa, 12 Maret 2013

Tips Agar Rumah Tidak Berdebu



Quote
Anda pusing melihat rumah yang kotor diselimuti debu? Ternyata, 90 persen debu di rumah berasal dari serat kain dan kulit. Tubuh manusia terus-menerus menjatuhkan serpihan-serpihan kecil kulit. Sedangkan pakaian, seprai, dan perabot juga terus menumpahkan serat halus yang nyaris tak terlihat mata.

Serpihan-serpihan inilah yang kemudian melayang di udara dan jatuh menyelimuti setiap permukaan rumah. Partikel-partikel itu mengendap sebagai debu yang menumpuk di sana.

Nah, ikuti sejumlah petunjuk berikut ini untuk menciptakan rumah bebas debu:

Ganti seprai seminggu sekali
Tempat tidur Anda yang nyaman merupakan penyumbang debu utama. Seprai mengumpulkan serpihan-serpihan kulit, gudang seratnya sendiri, dan menghamburkan kepulan debu setiap kali Anda berguling di atasnya.

Untuk mengurangi dampaknya, cuci seprai dan sarung bantal setiap minggu. Sementara itu, produk yang tidak dapat dicuci menggunakan mesin cuci tidak perlu Anda kirim tiap minggu ke binatu. Cukup copot selimut dan bedcover, goncang-goncangkan di luar.

Anda bisa menjemur dan memukul-mukul bantal agar debunya keluar. Tapi, kalau ingin bersih secara menyeluruh, bawa saja ke binatu untuk dry-cleaning.

Jemur dan pukul karpet
Pada umumnya, karpet merupakan tempat penampungan debu terbesar di setiap rumah. Karpet merupakan sumber besar serat dan menyerap debu seperti spons raksasa.

Bagi Anda yang memasang karpet di lantai ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga atau di tempat lain, rajin-rajinlah membersihkannya menggunakan mesin penghisap debu. Jemur karpet di luar setidaknya tiga sampai empat kali setahun, untuk membersihkannya secara menyeluruh. Pukul-pukuli karpet dengan pemukul kasur.

Selain itu, hisap pula debu di lantai dan area-area tersembunyi yang menjadi tempat berkumpulnya debu. Misalnya di bawah kursi atau di belakang sofa.

Bersihkan sofa
Serat kain menyerap debu yang menempel di atasnya dan mengumpulkannya. Setiap kali duduk di sofa, Anda menambahkan gumpalan debu ke atasnya. Sati-satunya cara menghilangkan debu di sofa adalah dengan membeli perabot berkulit vinil.

Jika tidak, opsi lain adalah dengan rajin menghisap debu dari atas sofa kain setiap minggu. Bawa bantal sofa keluar lalu dipukul-pukul untuk menghilangkan debu.

2 komentar: